Senin, 09 Agustus 2010

Hardware

Hardware adalah bentuk fisik dari perlengkapan sistem komputer. Hardware dapat dibagi kedalam dua kategori: Input Device (perangkat masukan) dan Output Device (perangkat keluaran)

INPUT DEVICE
Input device adalah perangkat komputer yang digunakan untuk memasukan data kedalam sistem komputer.
Input device bisa dibagi kedalam beberapa kategori:
1. Text input device
Seperti keyboard, sebuah perangkat untuk memasukan teks dan karakter-karakter dengan menekan tombol. Tombol layout English-language  yang paling umum adalah layout QWERTY. Dibawah adalah sebuah gambar keyboard menggunakan layout QWERTY.

 Alternatif lain  adalah layout DVORAK seperti gambar ini.





Alternatif lain layout keyboard adalah layout QWERTZ yang mana digunakan di Jerman dan banyak di eropa tengah, dan layout AZERTY yang mana digunakan di Perancis, Belgia, dan beberapa negara sekitarnya.

2. Pointing device
Pointing device yang paling umum adalah mouse. Dalam komputer, sebuah mouse adalah sebuah  pointing device dengan fungsi mendeteksi gerakan dua dimensi sehubungan untuk mendukung permukaan. Secara fisik, sebuah mouse terdiri dari sebuah benda yang menahan dibawah salah satu dari tangan pengguna, dengan satu tombol atau lebih, unsur lainnya, seperti "wheels" (roda), atau tombol tambahan.Gerakan mouse secara khas diterjemahkan kedalam gerakan sebuah pointer pada sebuah display (tampilan/monitor), yang mana mengizinkan untuk sebuah kendali dalam Graphical User Interface (grafis antar muka). Ini adalah sebuah gambar dari sebuah mouse modern.
Alternatif lainnya adalah trackball, sebuah pointing device yang terdiri atas sebuah bola terbuka yang tertanam untuk mendeteksi putaran tentang dua kampak. Trackball ditemukan oleh Tom Cranston dan Fred Longstaff sebagai bagian dari Royal Canadian Navy's sistem DATAR pada 1952, sebelas tahun sebelum mouse ditemukan. Berikut adalah sebuah gambar dari trackball.


3. Gaming device
Salah satu contoh dari gaming device adalah joystick. Sebuah joystick adalah sebuah perangkat kendali umum yang terdiri atas handheld stick yang porosnya mengelilingi satu akhir, untuk mendeteksi sudut dalam dua atau tiga dimensi.




















4. Image, Video input device
Ada dua input devices yang paling umum dalam jenis ini. Pertama adalah Image scanner, sebuah perangkat yang memberi masukan dengan memindai (scan) gambar, teks yang tercetak, tulisan tangan, atau sebuah benda. Beriut adalah sebuah gambar dari image scanner.
Jenis kedua adalah sebuah webcam. Webcam adalah perangkat pengambil gambar yang terhubung ke komputer atau jaringan komputer, kerapkali menggunakan USB atau terhubung ke jaringan, ethernet atau Wi-Fi. Mereka terkenal sebagai hasil industri yang berharga murah dan aplikasi yang fleksibel. Berikut adalah gambar dari sebuah webcam.


5. Audio input device
Salah satu contoh dari perangkat masukan audio adalah sebuah microphone. Microphone terkadang dikenal dengan sebuah mic atau mike, adalah sebuah acoustic-to-electric (akustik ke listrik) sensor yang mengkonversi suara kedalam sebuah sinyal listrik. Microphone digunakan dibanyak aplikasi seperti telepon, radio tape, alat bantu dengar, pembuatan gambar bergerak, teknik audio langsung dan rekaman, pada radio dan siaran televisi dan pada komputer perekam suara, VoIP, dll.


OUTPUT DEVICE
1. Image, Video Output Device
Contoh pertama adalah sebuah printer. Pada komputer, sebuah printer adalah sebuah peripheral yang mana menghasilkan hard copy (teks yang dapat dibaca dan/atau gambar grafis yang permanen) dari dokumen-dokumen yang tersimpan dalam bentuk elektronik, biasanya pada media cetak seperti kertas atau media tembus pandang. Banyak  printer terutama digunakan sebagai peripheral lokal, dan disertai dengan sebuah kabel printer, atau pada printer terbaru, sebuah kabel USB terhubung ke sebuah komputer yang mana melayani sebuah sumber dokumen.
Beberapa printer, biasanya diketahui sebagai jaringan printer, mempunyai jarigan antarmuka yang built-in (tertanam didalam (secara fisik wireless atau Ethernet)), dan dapat melayani sebagai sebuah perangkat hardcopy untuk banyak pengguna pada jaringan. Printer individu sering dirancang mendukung keduanya, lokal dan jaringan yang menghubungkan pengguna pada waktu yang sama. Contoh kedua adalah monitor. Sebuah unit visual display, sering disebut secara sederhana adalah monitor atau display, adalah sebagian peralatan elektronik yang mana menampilkan gambar dari perangkat video seperti komputer, tanpa mengahsilkan rekaman tetap.


2. Audio Output Device
Speaker. Speaker komputer, speaker multimedia, adalah speaker eksternal, biasanya dilengkapi dengan low-power (daya rendah) amplifier internal.
Headset. Headphone adalah sepasang pengeras suara kecil, biasanya sebuah speaker tunggal, dengan cara memegangnya dekat dengan telinga pengguna dan berarti menghubungkannya ke sebuah sumber sinyal seperti amplifier audio, radio atau CD player. Headphone dikenal juga sebagai earphone, ear bud, stereo phone, atau headset. dalam konteks telekomunikasi, istilah headset digunakan untuk menggambarkan sebuah kombinasi dari headphone dan microphone digunakan untuk komunikasi dua cara, sebagai contoh adalah sebuah telepon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar