Rabu, 01 September 2010

Struktur Registry

Registry mempunyai sebuah struktur hirarkis, walaupun tampak seperti struktur yang sulit, itu serupa seperti struktur direktori pada hard-disk mu, dengan Regedit menjadi serupa seperti Windows Explorer.

Masing-Masing cabang utama (yang ditandai oleh suatu ikon folder di dalam Registry Editor disebut suatu Hive (Sarang), dan Hive berisi Key. Masing-Masing Key dapat berisi Key lain (kadang-kadang dikenal sebagai sub-key), seperti halnya Value (nilai). Value berisi informasi yang nyata tersimpan di dalam Registry. Ada tiga jenis Value; String, Binary, dan DWORD - penggunaannya ini tergantung pada konteksnya.

Ada enam cabang utama, masing-masing berisi suatu bagian informasi yang spesifik yang tersimpan di dalam Registry. Adalah sebagai berikut:

* HKEY_CLASSES_ROOT - Cabang ini berisi semua dari pemetaan asosiasi filemu untuk mendukung fitur drag-and-drop, OLE information, Windows shortcuts, dan aspek inti Windows user interface.

* HKEY_CURRENT_USER - Cabang ini menghubungkan kepada bagian HKEY_USERS sesuai dengan user yang sekarang ini masuk ke PC dan berisi informasi seperti logon name, desktop setting, dan Start menu setting.

* HKEY_LOCAL_MACHINE - Cabang ini berisi informasi komputer yang spesifik tentang jenis perangkat keras, perangkat lunak, dan pilihan lain pada komputer, informasi ini digunakan untuk semua para user yang log ke komputer tersebut.

* HKEY_USERS - Cabang ini berisi pilihan individu untuk masing-masing user komputer, masing-masing pemakai diwakili oleh suatu SID sub-key yang ditempatkan di bawah cabang yang utama.

* HKEY_CURRENT_CONFIG - Cabang ini menghubungkan kepada bagian HKEY_LOCAL_MACHINE sesuai dengan bentuk wujud perangkat keras yang sekarang.

* HKEY_DYN_DATA - Titik cabang ini bagian dari HKEY_LOCAL_MACHINE, untuk menggunakan dengan Plug-&-Play fitur dari Windows, ini adalah bagian yang dinamis dan akan berubah ketika device ditambahkan dan dipindahkan dari sistem.


Masing-masing nilai Registry disimpan ke salah satu dari lima jenis data utama:

* REG_BINARY - Jenis ini menyimpan nilai sebagai data biner mentah. Kebanyakan informasi komponen perangkat keras disimpan sebagai data biner, dan dapat ditunjukkan dalam sebuah editor berformat hexadecimal.

* REG_DWORD - Jenis ini menampilkan sebuah data berjumlah empat byte dan biasanya digunakan untuk nilai-nilai boolean, seperti "0" adalah disable dan "1" adalah enable. Apalagi banyak parameter untuk device driver dan service-service jenis ini, dan dapat ditunjukkan di dalam REGEDT32 dalam bentuk biner, hexadecimal dan format sistem desimal, atau di dalam REGEDIT dalam bentuk hexadecimal dan format sistem desimal.

* REG_EXPAND_SZ - Jenis ini adalah sebuah data string yang dapat dikembangkan yang berisi sebuah variabel ketika digantikan yang disebut oleh suatu aplikasi. Sebagai contoh, untuk nilai berikut, string "% SystemRoot%" akan digantikan oleh penempatan direktori yang sebenarnya yang berisi file sistem Windows NT. ( Jenis ini hanya tersedia dengan menggunakan sebuah Registry Editor seperti REGEDT32)

* REG_MULTI_SZ - Jenis ini adalah sebuah multiple string yang digunakan untuk menghadirkan nilai-nilai yang berisi daftar atau berbagai nilai-nilai, masing-masing masukan dipisahkan oleh sebuah karakter NULL. ( Jenis ini hanya tersedia dengan menggunakan sebuah Registry Editor seperti REGEDT32)

* REG_SZ - Jenis ini adalah sebuah string standard, digunakan untuk menampilkan nilai-nilai teks manusia.


Tipe data lain yang tidak tersedia di registry editor standar meliputi:

* REG_DWORD_LITTLE_ENDIAN - Suatu jumlah 32-bit dalam format little-endian.
* REG_DWORD_BIG_ENDIAN - Suatu jumlah 32-bit dalam format big-endian.
* REG_LINK - Suatu link Unicode symbolic. yang digunakan Secara internal; aplikasi mestinya tidak menggunakan jenis ini.
* REG_NONE - Jenis nilai tidak digambarkan.
* REG_QWORD - Suatu jumlah 64-bit.
* REG_QWORD_LITTLE_ENDIAN - Suatu jumlah 64-bit dalam format little-endian.
* REG_RESOURCE_LIST - Suatu device-driver daftar resource.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar